Pengenalan Internet Marketing Dasar Di PKBM Dharma Bekti Cibinong Bogor

Pengenalan Internet Marketing Dasar Di PKBM Dharma Bekti Cibinong Bogor

Kangsumirat.com - Perkembangan dunia digital semakin hari semakin berkembang, dari segala aspek sekarang sudah memanfaatkan digital marketing sebagai medianya. Baik itu untuk tujuan keperluan bisnis, personal branding, hiburan, jualan, ada pula yang sekedar pengen eksis. Artikel kali ini saya mau membahas pengalaman saat mengisi kelas Internet Marketing di kelas sekolah kesetaraan dengan isi materi Pengenal Internet Marketing Dasar Pemula Di PKBM Dharma Bekti Cibinong Bogor.

Apa itu PKBM ?

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) adalah lembaga yang dibentuk oleh masyarakat untuk masyarakat yang bergerak dalam bidang pendidikan. PKBM ini masih berada di bawah pengawasan dan bimbingan dari Dinas Pendidikan Nasional. PKBM ini bisa berupa tingkat desa ataupun kecamatan. untuk mendirikan PKBM bisa dari unsur apapun oleh siapapun yang tentunya telah memenuhi syarat-syarat kelembagaan antara lain: 1. Akta Notaris 2. NPWP 3. Susunan Badan pengurus 4. Sekretariat 5. Izin Operasional dari Dinas Pendidikan Kab/kota. Sumber : Wikipedia

piagam penghargaan pkbm dharma bekti cibinong bogor
piagam penghargaan pkbm dharma bekti cibinong bogor
Piagam Penghargaan
Dharma Bekti adalah sebuah yayasan yang bergerak dibidang pendidikan non formal seperti sekolah kesetaraan paket A (setara SD), Paket B (setara SMP), Paket C (setara SMA/SMK) yang berlokasi di Cibinong Bogor. Tujuan dari PKBM adalah memberikan kesempatan belajar untuk mereka yang tertinggal dengan alasan karena tidak sekolah sebelumnya faktornya bisa karena ekonomi atau karena dulu malas tidak mau sekolah dengan alasan sudah merasa cukup dengan ilmu, atau bandel dan lain sebagainya. 

Tujuan melanjutkan sekolah di PKBM adalah mereka yang dituntut oleh perusahaan dengan alasan ijazah, mereka yang mau melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi (fakultas),  tapi yang paling penting adalah penambahan ilmu dan wawasan dari segala bidang.

Artikel Terkait : Pendidikan Kesetaraan

Pengenalan Internet Marketing Dasar Untuk Pemula

Saya sangat bersyukur karena diminta untuk mengisi kelas dengan materi Pengenalan Internet Marketing Dasar untuk siswa siswi PKBM Dharma Bekti sekaligus sebagai ajang silaturahmi ke mereka. Seperti pepatah "tak kenal maka tak sayang", utnuk itulah sebelum membahas lebih jauh tentang Internet Marketing alangkah baiknya memperkenalkan dulu apa itu internet Marketing, tujuan internet marketing, kelebihan internet marketing. Kelas internet marketing dasar ini dikhususkan untuk siswa siwa kelas Paket C.

sekolah pkbm dharma bekti
Ruangan Kelas PKBM

Tujuan Pengenalan Internet Marketing Bagi Siswa PKBM Dharma Bekti

Diharapkan siswa siswi tahu tentang dunia digital marketing, perkembangan dunia digital, bagaimana cara orang lain bekerja hanya memanfaatkan digital marketing, manfaat digital marketing serta langkah-langkah awal cara memulai bisnis online. Saat mereka lulus nanti mereka diharapkan bisa memanfaatkan dan mengamalkan ilmu yang pernah mereka pelajari di masyarakat umumnya khususnya mereka sendiri.

model bisnis internet marketing

Praktek Kelas Digital Marketing

Sebagian dari mereka ada yang bertanya, "Pak, bagaimana mereka yang memiliki website atau blog tapi bisa menghasilkan uang?" Saya jawab, ada beberapa faktor cara memonetisai website mendulang uang dari website kamu diantaranya :
  1. Jualan produk sendiri baik jasa atau fisik
  2. Memasang banner iklan produk orang lain
  3. Menggunakan Google Adsense
  4. Afiliasi
  5. Jasa Content Placement
  6. dll.
Itu beberapa alasan mereka bisa menghasilkan uang dari website (internet). Terus pak, "Kalau tidak punya produk sendiri apa bisa kita jualan di internet ?" Jawabannya Sangat bisa..! Kita bisa menjadi seorang Reseller atau Dropshipper. 

Banyak penyedia produk dengan sistem reseller dan dropshipper baik dalam negeri maupun luar negeri. Entah itu bentuknya fisik seperti pakaian, makanan, jasa seperti pembuatan website, jasa posting iklan di sosial media, maupun produk digital seperti software, panduan, ebook dll.

Saya coba jelaskan dari ke empat poin diatas yaa..

#1 - Jualan produk sendiri baik jasa atau fisik

Jualan produk sendiri artinya kita berjualan produk hasil karya kita sendiri misalkan : 
  • Produk fisik : pakaian, makan dan minuman
  • Produk Jasa : jasa menulis, jasa design banner, jasa membuat website, jasa SEO, jasa pijit, jasa menjahit pakaian dll.
#2 - Memasang banner iklan produk orang lain

Poin ke dua ini lebih ke jasa artinya kita menerima layanan iklan di website kita untuk menampilkan produk iklan orang lain dengan memasang banner iklan produk mereka di website kita. Dimana banner iklan tersebut kita pasangkan link website atau kontak si pemilik produk tersebut. 

Harga per banner ini tergantung dari ramai tidaknya trafic yang mengunungi website kita, semakin tinggi traffic atau semakain banyak yang mengunjungi website kita semakin mahal bayarannya. Sebulan harga paket iklan banner mulai dari Rp50.000,-/banner sampai jutaan rupiah per setiap bannernya. Contoh Banner promosi Produk

#3 - Menggunakan Google Adsense

Monetisasi website yang ke 3 adalah menggunakan google adsense, apa itu google adsense? Google adsense merupakan sebuah platform periklanan yang dijalankan oleh google. Dengan layanan ini kamu bisa meletakan iklan pada setiap berbagai halaman di website milikmu. 

Setiap kali pegunjung websitemu dan mereka mengklik iklan yang sudah disematkan pada artikel website kamu akan dibayar. Bayarannyapun sangat berbeda-beda tergatung masing-masing setiap negara. Ddi Indonesia berkisar $0,01 samapi $5.

#4 - Afiliasi (Affiliate Marketing)

Monetisasi website yang ke empat adalah dengan ikut program afiliasi, afiliasi atau affiliate marketing adalah salahsatu model bisnis online yang sangat digemari saat ini karena lebih cepat mendatangkan uang dari internet. Cara kerjanyapun tidak susah jika kamu sudah memiliki website atau blog sendiri. 

Kamu mempromosikan produk orang lain dengan cara meletakan link refferal pada postingan artikelmu. Ketika ada orang yang mengklik link tadi dan mereka membeli produk dari link yang kamu sisipkan kamu akan mendapatkan komisi atau bayaran per setiap penjualannya.

Ada 3 pihak yang terlibat dalam marketing afiliasi yaitu penjual, kamu (yang mempromosikan produk mereka) dan program afiliasi. Kamu bisa belajar tentang cara bisnis affiliate marketing melalui artikel : Cukup Share Link Lalu Uang Masuk Ke Rekening Anda!! Inilah Cara Jualan Tanpa Cape-Cape Stock Produk!

#5 - Jasa Content Placement

Yang terakhir cara monetisasi website yaitu jasa content placement, apa itu content placement ? Merupakan jenis bisnis kerjasama yang saling menguntungkan, dima para pelaku bisnis akan memperkenalkan produknya kepada konsumen melalui website dari jasa content placement (dalam kasus ini adalah website milikmu). 

Keuntungan yang didapat oleh penyedia jasa content placement adalah bayaran dari pelaku bisnis tadi. Kamu akan dibayar mereka setiap artikel yang dipublishnya. Intinya kamu mempromosikan produk mereka melalui artikel milikmu.

Nah itu tadi beberapa cara monetisasi website milikmu. Sebenarnya masih banyak cara monetisasi blog lainnya yang bisa kamu terapkan dalam website, dari ke 5 faktor diatas saja bisa kamu lakukan sudah bisa menghasilkan uang dari internet.

sumirat internet marketing cianjur
Ruang lab komputer sekolah PKBM Dharma Bekti

Praktek Kelas Digital Marketing Untuk Siswa PKBM

Setelah melalui pengenalan teori dasar tentang internet marketing adalah praktek. Didalam materi yang saya sampaikan kepada mereka tentang digital marketing adalah : 

1. Pengenalan Internet Maketikng Basic

Mereka diperkenalkan dengan teori dasar tentang internet marketing, cara memilih model bisnis di internet, darimana sumber pendapatan uang itu didapat, sampai cara berpromosi di media sosial.

2. Langkah Cara Memulai Bisnis Online

Mereka diajarkan teori dan praktek mulai dari menetukan ide bisnis, melakukan riset produk dan pasar, menentukan produk, mengumpulkan data, cara membuat website, pengenalan hosting dan domain, mempromosikan produknya.

3. Pembuatan Blog versi Gratis

Mereka diajarkan bagaimana cara membuat email di google, cara website gratis sendiri di internet, memilih nama domain website sendiri dan website jualan sampai mempostingnya. 


Penutup

Nah itu tadi pemaparan artikel mengenai Pengenalan Internet Marketing Dasar Di PKBM Dharma Bekti Cibinong Bogor. Saya sangat bersyukur karena diberi kesempatan oleh ketua pengurus Yayasan Dharma Bekti Bapak Heri untuk mengisi kelas digital marketing untuk pemula.

Bapak dan Ibu mau mengundang saya untuk mengisi kelas materi Digital Marketing untuk siswa siswi atau lembaga yang bapak ibu pegang saat ini ? Jangan sungkan untuk mengobrol melalui link Contact Us atau bisa langsung ke No Tlp//WhastApp : 0815-1151-1988 (Sumirat)

Related Post

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Cari Artikel

Banner Promosi