Melestarikan Budaya! Sambutan Tokoh Agama & Ketua SPH Diacara Pentas Ibing Silat Sunda

Pencak silat buhun sunda asli


Kang Sumirat - Indonesia kaya akan suku, bahasa dan budaya. Salahsatunya budaya seni bela diri pencak silat dari berbagai daerah dan perguruan. 

Padepokan pencak silat Sinar Pusaka Harapan adalah salahsatu perguruan pencak silat buhun Sunda yang berasal dari kampung Cikaramat, Desa Gelaranyar, Kecamatan Pagelaran, Cianjur, Jawa Barat. 

Yang diketua oleh kang Sumirat putra daerah asal Kampung Cikaramat. Yang diteruskan secara turun temurun, padepokan pencak silat buhun sunda asal Cianjur ini sudah berdiri puluhan bahkan ratusan tahun, dengan salahsatu ciri adanya kendang tua yang terbuat dari ruyung kelapa.

Kendang silat buhun dari ruyung kelapa



Dalam setiap acara kaminselalu dapat undangan pentas pencak silat seperti yang ada di kampung Pasir Tangkil, Kecamatan Kadupandak, Kabupaten Cianjur ini disalahsatu acara pernikahan neng Lina & Ali. 

Sebelum acara pentas pencak silat ibing buhun dimulai, disambut baik oleh warga dan sesepuh tokoh agama setempat memberikan sambutannya, tidak terlewat sambutan ketua padepokan pencak Silat Sinar Pusaka Harapan sebagai bentuk pengenalan. 

Berikut cuplikannya.. 





Jangan lupa untuk SUBSCRIBE channel SINAR PUSAKA HARAPAN sebagai bentuk dukungan dalam menjaga kelestarian budaya Indonesia. 

Related Post

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Cari Artikel

Banner Promosi