Pendidikan Kesetaraan

Kangsumirat.com - Pendidikan Kesetaraan merupakan layanan pendidikan melalui jalur pendidikan nonformal yang memberikan kesempatan atau akses bagi warga masyarakat khususnya para pemuda yang putus sekolah dan putus lanjut di tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat.

Pendidikan kesetaraan PKBM Dharma Bekti Cibinong Bogor
Pembekalan  Diri Latihan Blogging PKBM Dharma Bekti Cibinong-Bogor
latihan Internet Marketing PKBM Dharma Bekti Cibinong Bogor
Latihan Internet Marketing PKBM Dharma Bekti Cibinong - Bogor
Oleh karena itu, pendidikan kesetaraan adalah program pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan umum, yang mencakup program paket A setara SD/MI, Paket B setara SMP/MTs dan Paket C setara SMA/MA. 

Program ini ditujukan bagi peserta didik yang berasal dari masyarakat  yang karena berbagai faktor tidak dapat mengikuti pendidikan di bangku sekolah, putus sekolah dan putus lanjut di berbagai jenjang pendidikan, serta usia produktif yang ingin meningkatkan pengetahuan dan kecakapan hidupnya, serta masyarakat lain yang memerlukan layanan khusus dalam memenuhi kebutuhan hidupnya sebagai dampak dari peningkatan taraf hidup dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Pendidikan Kesetaraan PKBM

Melalui pengembangan program pendidikan Kesetaraan Paket A, Paket B, dan Paket C ini diharapkan semakin memperluas layanan pendidikan bagi masyarakat melalui layanan pendidikan nonformal.

Lembaga/organisasi atau satuan pendidikan nonformal sebagai penyelenggara program Pendidikan Kesetaraan Paket A, B, dan C adalah Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), sanggar kegiatan belajar (SKB), lembaga kursus dan pelatihan, kelompok belajar, rumah pintar, dan satuan pendidikan nonformal sejenis lainnya yang menyelenggarakan program Pendidikan Kesetaraan Paket A, B, dan C.


Pkbm Dharma Bekti Meraih Juara 2 Dalam Ajang Gebyar Pendidikan Non Formal Tingkat Kabupaten Bogor
Penyelenggaraan program Pendidikan Kesetaraan Paket A, B, dan C dimaksudkan untuk memberikan layanan pendidikan kepada warga negara Indonesia yang karena berbagai faktor dan sebab tidak dapat memperoleh layanan pendidikan pada jalur pendidikan formal, sehingga pada akhir pmbelajaran program pendidikan kesetaraan diharapkan warga belajar memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diakui setara dengan jenjang pendidikan formal.


Penyelenggaraan Program Pendidikan Kesetaraan Bertujuan Untuk:

Menyediakan layanan pendidikan pada jalur pendidikan nonformal untuk menjaring anak-anak yang putus sekolah atau putus lanjut di tingkat SD/MI untuk Paket A, anak-anak yang putus sekolah atau putus lanjut di tingkat SMP/MTs untuk Paket B, dan anak-anak yang putus sekolah di tingkat SMA/MA untuk Paket C. 

Mendukung dan mensukseskan kebijakan nasional tentang wajib belajar pendidikan dasar sembilan tahun, dan rintisan wajib belajar pendidikan menengah dua belas tahun atau pendidikan menengah universal; meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap warga belajar sehingga memiliki kemampuan yang setara dengan pendidikan formal, membekali dasar-dasar kecakapan hidup yang bermanfaat untuk bekerja mencari nafkah atau berusaha mandiri, membekali pengetahuan, keterampilan, dan sikap warga belajar yang memungkinkan lulusan program dapat meningkatkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, atau meningkatkan kariernya dalam pekerjaannya.

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Terbaik Di Kota Bogor

Untuk teman-teman yang sedang mencari informasi mengenai tempat sekolah kejar Paket C di Cibinong Bogor atau Sekolah Paket C di Bogor PKBM. Yayasan Dharma Bekti Sebagai Pusat Sekolah Kesetaraan Terbaik Di Kota Cibinong Kabupaten Bogor dengan halaman website yang bisa Anda akses melalui http://pkbmdharmabekti.sch.id/

Nah itu tadi penjelasan mengenai seputar Dunia Pendidikan Kesetaraan yang bisa admin ulas dari berbagai sumber yang ada. Semoga bermanfaat..

Sumber : Bindikmas.Kemdikbud

Related Post

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Cari Artikel

Banner Promosi